PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 26 TAHUN 2008
TENTANG
STANDAR TENAGA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH
|
|
DENGAN
RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
|
|
|
MENTERI
PENDIDIKAN NASIONAL,
|
|
Menimbang
|
: bahwa dalam rangka pelaksanaan Pasal 35
ayat (2) Peraturan
|
|
|
Pemerintah Nomor 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional
|
|
|
Pendidikan perlu
menetapkan Peraturan Menteri Pendidikan
|
|
|
Nasional tentang
Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/
|
|
|
Madrasah;
|
|
Mengingat
|
: 1. Peraturan Pemerintah
Nomor 19 Tahun
2005 tentang
|
|
|
Standar Nasional
Pendidikan (Lembaran Negara Republik
|
|
|
Indonesia Tahun
2005 Nomor 41,
Tambahan Lembaran
|
|
|
Negara
Republik Indonesia Nomor 4496);
|
2. Peraturan
Presiden Nomor 9
Tahun 2005 tentang
Kedudukan,
Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara Republik
Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Peraturan
Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;
3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 187/M
Tahun
2004 mengenai
Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana telah beberapa kali diubah
terakhir dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 31/P Tahun 2007;
MEMUTUSKAN:
Menetapkan : PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK
INDONESIA TENTANG STANDAR TENAGA LABORATORIUM
SEKOLAH/MADRASAH.
Pasal 1
(1). Standar tenaga laboratorium sekolah/madrasah mencakup kepala
laboratorium sekolah/madrasah, teknisi laboratorium sekolah/madrasah, dan
laboran sekolah/madrasah.
(2).
Untuk dapat diangkat sebagai tenaga laboratorium sekolah/madrasah, seseorang
wajib memenuhi standar tenaga laboratorium sekolah/madrasah yang berlaku secara
nasional.
(3). Standar tenaga laboratorium sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud
pada ayat (1) tercantum dalam Lampiran Peraturan Menteri ini.
Pasal 2
Penyelenggara
sekolah/madrasah wajib menerapkan standar tenaga laboratorium sekolah/madrasah
sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri ini, selambat-lambatnya 5 (lima)
tahun setelah Peraturan Menteri ini ditetapkan.
Pasal 3
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta pada
tanggal 11 Juni 2008
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
TTD
BAMBANG SUDIBYO
Salinan sesuai dengan aslinya,
Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional.
Kepala Bagian Penyusunan Rancangan
Peraturan Perundang-undangan dan
Bantuan Hukum I,
Muslikh, S.H
NIP. 131479478
STANDAR
TENAGA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH
A.
KUALIFIKASI
1. Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi
kepala laboratorium Sekolah/Madrasah adalah sebagai berikut:
a. Jalur guru
1) Pendidikan minimal sarjana (S1);
2) Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai pengelola
praktikum;
3) Memiliki sertifikat kepala
laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang
ditetapkan oleh pemerintah.
b. Jalur laboran/teknisi
1) Pendidikan minimal diploma tiga (D3);
2) Berpengalaman minimal 5 tahun sebagai laboran
atau teknisi;
3) Memiliki sertifikat kepala
laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang
ditetapkan oleh pemerintah.
2. Teknisi Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi
teknisi laboratorium sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a. Minimal lulusan program diploma dua (D2) yang
relevan dengan peralatan laboratorium, yang diselenggarakan oleh perguruan
tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah;
b. Memiliki sertifikat teknisi
laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang
ditetapkan oleh pemerintah.
3. Laboran Sekolah/Madrasah
Kualifikasi laboran sekolah/madrasah adalah
sebagai berikut:
a. Minimal lulusan program diploma satu (D1) yang
relevan dengan jenis laboratorium, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi
yang ditetapkan oleh pemerintah;
b. Memiliki sertifikat laboran
sekolah/madrasah dari perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah.
1.
Kompetensi Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah
|
DIMENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
|
|
Kepribadian
|
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
|
|
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
|
|
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
|
|
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
|
|
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|
|
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|
|
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|
|
|
|
|
kemandirian
|
|
|
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|
|
|
|
|
percaya diri
|
|
|
|
|
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
|
|
|
|
|
kemampuan diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2
|
Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
|
|
|
komitmen terhadap
|
|
|
|
|
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang tinggi
|
|
|
|
|
tugas
|
|
|
|
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
terhadap tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.4 Tekun, teliti, dan hati-hati
|
|
|
|
|
|
|
dalam melaksanakan
|
|
|
|
|
|
tugas
|
|
|
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|
|
|
|
|
memecahkan masalah
|
|
|
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
|
|
|
|
|
tugas profesinya
|
|
|
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada
|
|
|
|
|
|
kualitas
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi
|
2.1
|
Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
|
Sosial
|
|
dalam pelaksanaan
|
|
kelemahan baik diri
|
|
|
|
tugas
|
|
maupun stafnya
|
|
|
|
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|
|
|
|
|
tentang pihak lain yang
|
|
|
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
|
|
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
|
|
|
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
|
|
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
|
tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
|
|
|
|
|
peralatan teknologi
|
|
|
|
|
|
informasi dan
|
|
|
|
|
|
komunikasi (TIK)
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Kompetensi
|
3.1 Merencanakan
|
3.1.1
|
Menyusun rencana
|
|
|
Manajerial
|
|
kegiatan dan
|
|
pengembangan
|
|
|
|
pengembangan
|
|
laboratorium
|
|
|
|
laboratorium
|
3.1.2
|
Merencanakan
|
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
pengelolaan
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
3.1.3
|
Mengembangkan sistem
|
|
|
|
|
|
administrasi
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
3.1.4
|
Menyusun prosedur
|
|
|
|
|
|
operasi standar (POS)
|
|
|
|
|
|
kerja laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2
|
Mengelola kegiatan
|
3.2.1
|
Mengkoordinasikan
|
|
|
|
laboratorium
|
|
kegiatan praktikum
|
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
dengan guru
|
|
|
|
|
3.2.2
|
Menyusun jadwal
|
|
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.3
|
Memantau pelaksanaan
|
|
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.4
|
Mengevaluasi kegiatan
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.5
|
Menyusun laporan
|
|
|
|
|
|
kegiatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3
|
Membagi tugas
|
3.3.1
|
Merumuskan rincian
|
|
|
|
teknisi dan laboran
|
|
tugas teknisi dan laboran
|
|
|
|
laboratorium
|
3.3.2
|
Menentukan jadwal kerja
|
|
|
|
sekolah/ madrasah
|
|
teknisi dan laboran
|
|
|
|
|
3.3.3
|
Mensupervisi teknisi dan
|
|
|
|
|
|
laboran
|
|
|
|
|
3.3.4
|
Membuat laporan secara
|
|
|
|
|
|
periodik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4
|
Memantau sarana
|
3.4.1
|
Memantau kondisi dan
|
|
|
|
dan prasarana
|
|
keamanan bahan serta
|
|
|
|
laboratorium
|
|
alat laboratorium
|
|
|
|
sekolah/madrasah
|
3.4.2
|
Memantau kondisi dan
|
|
|
|
|
|
keamanan bangunan
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.4.3
|
Membuat laporan
|
|
|
|
|
bulanan dan tahunan
|
|
|
|
|
tentang kondisi dan
|
|
|
|
|
pemanfaatan
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
3.5 Mengevaluasi
|
3.5.1
|
Menilai kinerja teknisi
|
|
|
kinerja teknisi dan
|
|
dan laboran laboratorium
|
|
|
laboran serta
|
3.5.2
|
Menilai hasil kerja
teknisi
|
|
|
kegiatan
|
|
dan laboran
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
3.5.3
|
Menilai kegiatan
|
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
laboratorium
|
|
|
|
3.5.4
|
Mengevaluasi program
|
|
|
|
|
laboratorium untuk
|
|
|
|
|
perbaikan selanjutnya
|
|
|
|
|
|
|
4. Kompetensi
|
4.1 Menerapkan
|
4.1.1
|
Mengikuti
|
|
Profesional
|
gagasan, teori, dan
|
|
perkembangan
|
|
|
prinsip kegiatan
|
|
pemikiran tentang
|
|
|
laboratorium
|
|
pemanfaatan kegiatan
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
laboratorium sebagai
|
|
|
|
|
wahana pendidikan
|
|
|
|
4.1.2
|
Menerapkan hasil
|
|
|
|
|
inovasi atau kajian
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Memanfaatkan
|
4.2.1
|
Menyusun
|
|
|
laboratorium untuk
|
|
panduan/penuntun
|
|
|
kepentingan
|
|
(manual)
praktikum
|
|
|
pendidikan dan
|
4.2.2
|
Merancang kegiatan
|
|
|
penelitian di
|
|
laboratorium untuk
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
pendidikan dan
|
|
|
|
|
penelitian
|
|
|
|
4.2.3
|
Melaksanakan kegiatan
|
|
|
|
|
laboratorium untuk
|
|
|
|
|
kepentingan pendidikan
|
|
|
|
|
dan penelitian
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2.4
|
Mempublikasikan karya
|
|
|
|
|
tulis ilmiah hasil
|
|
|
|
|
kajian/inovasi
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menjaga kesehatan
|
4.3.1
|
Menetapkan ketentuan
|
|
|
dan keselamatan
|
|
mengenai kesehatan
|
|
|
kerja di
|
|
dan keselamatan kerja
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
4.3.2
|
Menerapkan ketentuan
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
mengenai kesehatan
|
|
|
|
|
dan keselamatan kerja
|
|
|
|
4.3.3
|
Menerapkan prosedur
|
|
|
|
|
penanganan bahan
|
|
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
|
|
|
4.3.4
|
Memantau bahan
|
|
|
|
|
berbahaya dan beracun,
|
|
|
|
|
serta peralatan
|
|
|
|
|
keselamatan kerja
|
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi Teknisi Laboratorium
Sekolah/Madrasah
|
|||
|
|
|
|
|
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
|
Kepribadian
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
|
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
|
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
|
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
|
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|
|
|
|
kemandirian
|
|
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|
|
|
|
percaya diri
|
|
|
|
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
|
|
|
|
kemampuan diri
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
|
|
komitmen terhadap
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang tinggi
|
|
|
tugas
|
|
|
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
terhadap tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.4
Tekun, teliti, dan hati-
|
|
|
|
|
|
hati dalam
|
|
|
|
|
melaksanakan tugas
|
|
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|
|
|
|
memecahkan masalah
|
|
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
|
|
|
|
tugas profesinya
|
|
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada
|
|
|
|
|
kualitas
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi
|
2.1 Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
|
Sosial
|
dalam pelaksanaan
|
|
kelemahan diri
|
|
|
tugas
|
|
|
|
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|
|
|
|
|
tentang pihak lain yang
|
|
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
|
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
|
|
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2 Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
|
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
|
|
|
|
peralatan TIK untuk
|
|
|
|
|
berkomunikasi
|
|
|
|
|
|
|
3. Kompetensi
|
3.1 Merencanakan
|
3.1.1
|
Merencanakan
|
|
Administratif
|
pemanfaatan
|
|
kebutuhan bahan,
|
|
|
laboratorium
|
|
peralatan, dan suku
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
cadang laboratorium
|
|
|
|
3.1.2
|
Memanfaatkan katalog
|
|
|
|
|
sebagai acuan dalam
|
|
|
|
|
merencanakan bahan,
|
|
|
|
|
peralatan, dan suku
|
|
|
|
|
cadang laboratorium
|
|
|
|
3.1.3
|
Membuat daftar bahan,
|
|
|
|
|
peralatan, dan suku
|
|
|
|
|
cadang yang diperlukan
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1.4
|
Merencanakan
|
|
|
|
|
kebutuhan bahan dan
|
|
|
|
|
perkakas untuk
|
|
|
|
|
perawatan dan
|
|
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
3.1.5
|
Merencanakan jadwal
|
|
|
|
|
perawatan dan
|
|
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mengatur
|
3.2.1
|
Mencatat bahan,
|
|
|
penyimpanan
|
|
peralatan, dan fasilitas
|
|
|
bahan, peralatan,
|
|
laboratorium dengan
|
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
perkakas, dan suku
|
|
memanfaatkan peralatan
|
|
|
cadang
|
|
teknologi informasi dan
|
|
|
laboratorium
|
|
komunikasi (TIK)
|
|
|
sekolah/madrasah
|
3.2.2
|
Mengatur tata letak
|
|
|
|
|
bahan, peralatan, dan
|
|
|
|
|
fasilitas laboratorium
|
|
|
|
3.2.3
|
Mengatur tata letak
|
|
|
|
|
bahan, suku cadang,
|
|
|
|
|
dan perkakas untuk
|
|
|
|
|
perawatan dan
|
|
|
|
|
perbaikan peralatan
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
4. Kompetensi
|
4.1 Menyiapkan
|
4.1.1
|
Menyiapkan petunjuk
|
|
Profesional
|
kegiatan
|
|
penggunaan peralatan
|
|
|
laboratorium
|
|
laboratorium
|
|
|
sekolah/madrasah
|
4.1.2
|
Menyiapkan paket
|
|
|
|
|
bahan dan rangkaian
|
|
|
|
|
peralatan yang siap
|
|
|
|
|
pakai untuk kegiatan
|
|
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
4.1.3
|
Menyiapkan penuntun
|
|
|
|
|
kegiatan praktikum
|
KOMPETENSI
KHUSUS
Teknisi Laboratorium IPA,
Fisika, Kimia, Biologi dan
Program Produktif SMK
a) Membuat peralatan praktikum
sederhana
b) Membuat paket bahan siap
pakai untuk kegiatan praktikum
Teknisi Laboratorium Bahasa
Membuat rekaman audio
visual dalam berbagai media untuk kepentingan pembelajaran
Teknisi Laboratorium Komputer
|
KOMPETENSI
|
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a)
|
Memelihara kelancaran
|
|
|
|
|
|
jaringan komputer (LAN)
|
|
|
|
|
b)
|
Mengoperasikan program
|
|
|
|
|
|
aplikasi sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
kebutuhan mata pelajaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2 Merawat peralatan
|
4.2.1
|
Mengidentifikasi
|
|
|
|
dan bahan di
|
|
|
kerusakan peralatan dan
|
|
|
laboratorium
|
|
|
bahan laboratorium
|
|
|
sekolah/madrasah
|
4.2.2
|
Memperbaiki kerusakan
|
|
|
|
|
|
|
peralatan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menjaga kesehatan
|
4.3.1
|
Menjaga kesehatan diri
|
|
|
|
dan keselamatan
|
|
|
dan lingkungan kerja
|
|
|
kerja di
|
|
|
|
|
|
4.3.2
|
Menggunakan peralatan
|
||
|
|
laboratorium
|
|
|
kesehatan dan
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
|
keselamatan kerja di
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
4.3.3 Menangani bahan-bahan
|
||
|
|
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
|
|
|
|
|
sesuai dengan prosedur
|
|
|
|
|
|
yang berlaku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3.4
|
Menangani limbah
|
|
|
|
|
|
|
laboratorium sesuai
|
|
|
|
|
|
dengan prosedur yang
|
|
|
|
|
|
berlaku
|
|
|
|
4.3.5
|
Memberikan pertolongan
|
|
|
|
|
|
|
pertama pada
|
|
|
|
|
|
kecelakaan
|
|
|
|
|
|
|
3. Kompetensi Laboran Sekolah/Madrasah
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
|
Kepribadian
|
sebagai pribadi
|
|
konsisten sesuai dengan
|
|
|
yang dewasa,
|
|
norma agama, hukum,
|
|
|
mantap, dan
|
|
sosial, dan budaya
|
|
|
berakhlak mulia
|
|
nasional Indonesia
|
|
|
|
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|
|
|
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|
|
|
|
|
kemandirian
|
|
|
|
|
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|
|
|
|
|
percaya diri
|
|
|
|
|
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
|
|
|
|
|
kemampuan diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2 Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
|
|
|
|
komitmen
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang tinggi
|
|
|
|
terhadap tugas
|
|
|
|
|
|
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
terhadap tugas
|
|
|
|
|
1.2.4 Tekun, teliti, dan hati-hati
|
|
|
|
|
|
|
dalam melaksanakan
|
|
|
|
|
|
tugas
|
|
|
|
|
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|
|
|
|
|
memecahkan masalah
|
|
|
|
|
|
yang berkaitan dengan
|
|
|
|
|
|
tugas profesinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2.6
|
Berorientasi pada kualitas
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Kompetensi
|
2.1
|
Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
|
Sosial
|
|
dalam
|
|
kelemahan diri
|
|
|
|
pelaksanaan
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|
|
|
tugas
|
|
tentang pihak lain yang
|
|
|
|
|
|
dapat diajak kerja sama
|
|
|
|
|
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
|
|
|
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2
|
Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
|
|
|
secara lisan dan
|
|
berbagai pihak secara
|
|
|
|
tulisan
|
|
santun, empatik, dan
|
|
|
|
|
|
efektif
|
|
|
|
|
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
|
|
|
|
|
peralatan TIK untuk
|
|
|
|
|
|
berkomunikasi
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Kompetensi
|
3.1 Menginventarisasi
|
3.1.1
|
Mencatat bahan
|
|
|
Administratif
|
|
bahan praktikum
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
3.1.2
|
Mencatat penggunaan
|
|
|
|
|
|
bahan laboratorium
|
|
|
|
|
3.1.3
|
Melaporkan penggunaan
|
|
|
|
|
|
bahan laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2 Mencatat kegiatan
|
3.2.1
|
Mencatat kehadiran guru
|
|
|
|
|
praktikum
|
|
dan peserta didik
|
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|||
|
KOMPETENSI
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
3.2.2
|
Mencatat penggunaan
|
||
|
|
|
|
alat
|
|
|
|
|
|
3.2.3
|
Mencatat penggunaan
|
||
|
|
|
|
penuntun praktikum
|
||
|
|
|
3.2.4
|
Mencatat kerusakan alat
|
||
|
|
|
3.2.5
|
Melaporkan keseluruhan
|
||
|
|
|
|
kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
|
|
secara periodik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Kompetensi
|
4.1 Merawat ruang
|
4.1.1
|
Menata ruang
|
|
|
|
Profesional
|
laboratorium
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
sekolah/madrasah
|
4.1.2
|
Menjaga kebersihan
|
||
|
|
|
|
ruangan laboratorium
|
||
|
|
|
|
|||
|
|
|
4.1.3. Mengamankan ruang
|
|||
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
4.2 Mengelola bahan
|
4.2.1
|
Mengklasifikasikan bahan
|
||
|
|
dan peralatan
|
|
dan peralatan praktikum
|
||
|
|
laboratorium
|
4.2.2
|
Menata
|
bahan
|
dan
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
peralatan praktikum
|
||
|
|
|
4.2.3
|
Mengidentifikasi
|
|
|
|
|
|
|
kerusakan
|
bahan,
|
|
|
|
|
|
peralatan,
|
dan fasilitas
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
4.2.4
|
Menjaga
|
kebersihan alat
|
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
4.2.5
|
Mengamankan bahan dan
|
||
|
|
|
|
peralatan laboratorium
|
||
|
|
|
|
|||
|
|
|
Khusus untuk laboran biologi:
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2.6
|
Merawat
|
tanaman
|
untuk
|
|
|
|
|
kegiatan praktikum
|
|
|
|
|
|
4.2.7
|
Memelihara hewan untuk
|
||
|
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
4.3 Melayani kegiatan
|
4.3.1
|
Menyiapkan bahan sesuai
|
||
|
|
praktikum
|
|
dengan penuntun
|
|
|
|
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
|
4.3.2
|
Menyiapkan peralatan
|
||
|
|
|
|
sesuai dengan penuntun
|
||
|
|
|
|
praktikum
|
|
|
|
|
|
4.3.3
|
Melayani guru dan
|
|
|
|
|
|
|
peserta didik dalam
|
||
|
|
|
|
pelaksanaan praktikum
|
||
|
KOMPETENSI
|
|
SUB-KOMPETENSI
|
|
|
KOMPETENSI
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3.4
|
Menyiapkan kelengkapan
|
|
|
|
|
pendukung praktikum
|
|
|
|
|
(lembar kerja, lembar
|
|
|
|
|
rekam data, dan lain-lain)
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4 Menjaga
|
4.4.1
|
Menjaga kesehatan diri
|
|
|
kesehatan dan
|
|
dan lingkungan kerja
|
|
|
keselamatan kerja
|
4.4.2
|
Menggunakan peralatan
|
|
|
di laboratorium
|
|
kesehatan dan
|
|
|
sekolah/madrasah
|
|
keselamatan kerja di
|
|
|
|
|
laboratorium
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4.3
|
Menangani bahan-bahan
|
|
|
|
|
berbahaya dan beracun
|
|
|
|
|
sesuai dengan prosedur
|
|
|
|
|
yang berlaku
|
|
|
|
4.4.4
|
Menangani limbah
|
|
|
|
|
laboratorium sesuai
|
|
|
|
|
dengan prosedur yang
|
|
|
|
|
berlaku
|
|
|
|
4.4.5
|
Memberikan pertolongan
|
|
|
|
|
pertama pada kecelakaan
|
|
|
|
|
|
|
|
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
|
||
|
|
TTD
|
|
|
BAMBANG SUDIBYO
Salinan sesuai dengan aslinya,
Biro Hukum dan Organisasi
Departemen Pendidikan Nasional.
Kepala Bagian Penyusunan Rancangan
Peraturan Perundang-undangan dan
Bantuan Hukum I,
Muslikh, S.H
NIP. 131479478
sumber: https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendiknas26-2008StandarTenagaLaboratoriumSekolah.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar