a. Kepala sekolah sebagai pemimpin yaitu kepala sekolah
melakukan tanggung jawab melakukan perbaikan dan pengajaran. Keadaan tersebut
dilandasi oleh anggapan bahwa tujuan utama penyelenggaraan pendidikan melalui
sekolah adalah terciptanya lingkungan yang kondusif, sehingga proses belajar
mengajar dapat tercapai secara efektif.
b. Kepala sekolah sebagai menajer dalam mempengaruhi
guru untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan. Sebagai manajer kepala sekolah
harus mau dan mampu mendayagunakan seluruh sumber daya sekolah dalam
maeningkatkan visi, misi dan memcapai tujuan sekolah.
c. Kepala sekolah berperan sebagai pendidik mencakup
dua hal pokok yaitu sasaran atau kepada siapa perilaku sebagai pendidik itu
diarahkan dan bagaimana peran sebagai pendidik itu dilaksanakan
d. Kepala sekolah berperan sebagai administrator sangat
diperlukan karena kegiatan di sekolah tidak terlepas dari pengelolaan
administrasi yang bersifat pencatatan dan pendokumentasian seluruh program
sekolah. Kepala sekolah dalam perannya sebagai administrator dalam hal ini juga
berkenaan dengan keuangan, bahwa untuk tercapainya peningkatan kompetensi guru
tidak terlepas dari faktor biaya.
e. Kepala sekolah berperan sebagai motivator dengan
memberikan motivasi kepada guru dan pegawai, serta mengatur lingkungan fisik
dan suasana kerja. Apabila guru dan pegawai memiliki motivasi yang positif maka
guru dan pegawai akan lebih memperhatikan miniat, mempunyai perhatian dan ikut
serta dalam suatu tugas dan pekerjaan. Dengan kata lain guru dan pegawai akan
melaksanakan pekerjaannya dengan baik apabila ada factor motivasi dorongan yang
tinggi dari kepala sekolah.
Sumber:
eJournal Administrasi Negara, 2013, 1 (1): 210-224
Purwanti, Sri. 2013. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru
Dan Pegawai Di SMA Bakti Sejahtera. eJournal Administrasi Negara, 2013, 1 (1): 210-224
Tidak ada komentar:
Posting Komentar